[Latest News][6]

Family Photography
Feature Perjalanan
Foto Keluarga
Foto Prewed
Landscape Photography
Night Photography
Pantai Tagaule
Photography Wedding
Potrait Photography
Spot Foto Bogor
Spot Foto Keluarga Terbaik
Spot Foto Prewed
Spot Foto Sukabumi
Spot Foto Terbaik Jayapura
Spot Sunrise terbaik

Translate

8 Potret Misteri Singgasana Nyi Roro Kidul di Karang Hawu

Penulis: Mihardo Saputro

Jawa Barat memiliki sejuta pesona wisata yang tak kalah menarik dibandingkan dengan provinsi-provinsi lainnya di Indonesia. Dari air terjun, gunung hingga pantai-pantai nan indah bertebaran di sana. Pada tulisan saya kali ini, saya ingin mengajak teman-teman untuk mengunjungi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahan karang dan juga cerita mistis yang cukup membuat bulu kuduk kita merinding, pantai ini adalah Pantai Karang Hawu.

Berada di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat, objek wisata Pantai Karang Hawu sangat mudah dijangkau oleh transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Oleh sebab itu, walaupun terkesan mistis, tapi pantai ini selalu dipadati pengunjung yang datang, baik sekedar untuk berlibur ataupun ziarah di atas gunung karangnya yang menjulang. Kentalnya nuansa mistis pantai ini konon berhubungan dengan mitos penguasa pantai selatan, Nyi Roro Kidul.

Pantai ini di sebut Karang Hawu, karena di areal pantai ini ada sebuah karang yang menjorok ke laut dan memiliki lubang di beberapa bagiannya yang berbentuk menyerupai tungku (atau hawu dalam bahasa sunda). Karena itu, pantai ini kemudian dinamakan Pantai Karang Hawu. Keistimewaan yang dimiliki oleh pantai ini ialah panorama alamnya yang sangat indah, udaranya sejuk, dan memiliki hamparan pasir yang lembut dan luas.

Selain lembut, warna pasir di pantai ini juga putih sedikit kecoklatan dengan teksturnya yang halus. Sementara garis pantainya memiliki panjang mencapai 3 km dengan tepian yang melengkung. Di pantai ini, kalian bisa melakukan aktivitas seperti surfing, berenang, dan memancing. Sedangkan bagi saya, tempat ini adalah surga untuk mendapatkan foto-foto landsacape yang luar biasa.

Jika di Jawa Tengah ada Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo yang digadang-gadang sebagai pintu gaib untuk masuk ke istana tak kasat mata milik Nyi Roro Kidul, batu-batukarang di Pantai Karang Hawu ini disinyalir sebagai singgasana gaib bagi sang ratu. Masyarakat di sekitar Karang Hawu percaya bahwa Nyi Roro Kidul menjaga wilayah Pantai Karang Hawu. Jika kita berkunjung di bulan April, biasayanya masyarakat sekitar mengadakan ritual Hari Nelayan yang ditandai dengan menghanyutkan kepala kerbau di tengah laut.

Konon juga, salah satu tebing yang terletak di pantai ini merupakan tempat dimana Dewi Kadita menceburkan diri ke laut karena frustasi dengan penyakit kulit yang dideritanya. Dan benar, setelah menceburkan diri ke laut, penyakit yang dideritanya sembuh. Akan tetapi, ada konsekuensi yang harus ditanggungnya, yakni ia harus menjadi penguasa laut selatan atau yang kita kenal sekarang dengan Nyi Roro Kidul.

Banyaknya cerita mistis yang menyelimuti pantai ini membuat saya semakin penasaran untuk melihatnya secara langsung, apalagi setelah saya melihat foto-foto yang berseliweran di internet, ternyata keindahan sunrise dan sunset pantai ini juga tak kalah tenar dengan kesan mistisnya. Tak ayal, tengah malam sayapun bertolak ke tempat ini agar pagi saya bisa mengabadikan sunrise di pantai ini.

Benar saja, pagi sekitar pukul 03.40 saya sudah tiba di Pantai Karang Hawu. Suara deburan ombak yang menghempas karang keras terdengar di sisi sebelah kiri saya, sedangkan di depan saya gugusan gunung karang tampak menjulang. Seram memang, tapi saya beruntung karena walaupun masih pagi buta, tapi sudah banyak pengunjung yang berdatangan, jadi saya cukup tenang dan senang.

Parkiran yang luas tepat di sisi pantai membuat kita nyaman. Apalagi banyaknya warung-warung yang bertebaran di tepian pantai, sehingga kesan seram itu perlahan memudar. Sayapun memutuskan untuk menyeruput kopi hitam sebentar sambil berbincang-bincang ringan seputar pantai dengan penjaga warung.

Berikut foto-foto yang berhasil saya abadikan, termasuk batu karang yang konon merupakan singgasana Nyi Roro Kidul.  

1. Konon, inilah batu karang yang dianggap sebagai singgasana Nyi Roro Kidup


2. Saya berpose di atas karang-karang tajam sambil menghadap ke arah Pelabuhan Ratu. 


3. Indahnya karang-karang yang menjulang tinggi di bawah sinar mentari


4. Gugusan karang dengan siraman ombak yang mengaliri sisinya


5. Kilauan air laut yang terjebak di ceruk-ceruk karang


6. Selain mistis, ada juga spot romantis di sini


7. Tebing karang di sudut Karang Hawu


8. Aktivitas pengunjung yang memadati Pantai Karang Hawu


***


About Author Mihardo Saputro

This blog is a representation of my work in the fields of photography, videography and also musics.

No comments:

Post a Comment

Wikipedia

Search results

Start typing and press Enter to search