[Latest News][6]

Family Photography
Feature Perjalanan
Foto Keluarga
Foto Prewed
Landscape Photography
Pantai Tagaule
Photography Wedding
Potrait Photography
Spot Foto Keluarga Terbaik
Spot Foto Prewed
Spot Foto Terbaik Jayapura
Spot Sunrise terbaik

Translate

Puncak Suroloyo: Tempatnya Merapi, Sindoro, Sumbing dan Merbabu Menyatu


Panorama mentari terbit diantara Gunung Merapi dan Merbabu dilihat dari Punccak Suroloyo, Kulon Progo, Jawa Tengah. (Foto: Mihardo Saputro)

Penulis: Mihardo Saputro

Untuk melihat indahnya mentari terbit atau sunrise, spot terbaik adalah naik ke tempat yang lebih tinggi. Di Jogjakarta, tak ada tempat yang lebih tinggi selain Puncak Suroloyo. Puncak yang berada diperbukitan Menoreh ini terkenal dengan keindahan sunrise atau sunsetnya dimana kita bisa mengabadikan mentari terbit atau terbenam dengan gunung sebagai latarnya. Tidak hanya itu, kita juga bisa menyaksikan Candi Borobudur diantara kabut dan kilau jingga mentari yang perlahan meninggi.

Salah satu pendopo yang  menurut legenda tempat Sultan  Agung Hanyokrokusumo bertapa menjalankan wangsit yang datang padanya. (Foto: Mihardo Saputro)
Puncak Suroloyo yang menurut Wikipedia memiliki ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini membentang sepanjang Yogyakarta dan Jawa Tengah. Tidak mudah untuk mencapai puncaknya, diperlukan perjuangan karena kita harus melewati 290 anak tangga sebelum kita mencapai pendopo yang menurut legenda adalah tempat Raden Mas Rangsang atau Sultan  Agung Hanyokrokusumo bertapa menjalankan wangsit yang datang padanya.

Pertapaan Sariloyo dimana kita bisa melihat Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro dari tempat ini. (Foto: Mihardo Saputro)
Ada tiga pendopo di Puncak Suroloyo. Pendopo pertama ialah Pertapaan Suroloyo. Lokasinya Pertapaan Suroloyo berada di paling bawah dibandingkan dengan dua pendopo lainnya. Dari sini kkkita dapat melihat Candi Borobudur. Pendopo kedua bernama Pertapaan Sariloyo yang terletak 200 meter ke arah barat. Dari Pertapaan Sariloyo, kita bisa memandang Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Untuk mencapai pendopo ketiga, kita harus naik tangga sekitar 200 meter lagi. Pendopo ini diberi nama Pertapaan Kaendran. Dari tempat ini secara samar-samar akan terlihat warna biru berbatas dengan abu-abu yang merupakan Pantai Glagah di Kulonprogo. Semua pertapaan ini berada dalam satu area berdekatan di kawasan Puncak Suroloyo. Puncak Suroloyo merupakan satu titik temu antara empat gunung, yakni: Merapi, Sindoro, Sumbing dan Merbabu.

Penampakan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro yang masih tertutup kabut pagi. (Foto: Mihardo Saputro)
Nah, bagi anda pecinta photography tak ada salahnya memasukan tempat ini ke dalam jadwal hunting anda. Ada dua jalur yang bisa dipilih sebelum menuju Puncak Suroloyo, pertama adalah rute Jalan Godean - Sentolo - Kalibawang dan rute kedua melalui Jalan Magelang - Pasar Muntilan – Kalibawang. Untuk mencapai puncak Suroloyo, harus melewati perjalanan yang naik turun dengan kelokan tajam serta tanjakan yang curam. Jalan menuju Puncak Suroloyo bisa dilalui motor, namun untuk mobil harus berhati-hati karena lebar jalan hanya sebesar 3 meter.

About Author Mihardo Saputro

This blog is a representation of my work in the fields of photography, videography and also musics.

No comments:

Post a Comment

Wikipedia

Search results

Start typing and press Enter to search