[Latest News][6]

Family Photography
Feature Perjalanan
Foto Keluarga
Foto Prewed
Landscape Photography
Night Photography
Pantai Tagaule
Photography Wedding
Potrait Photography
Spot Foto Bogor
Spot Foto Keluarga Terbaik
Spot Foto Prewed
Spot Foto Sukabumi
Spot Foto Terbaik Jayapura
Spot Sunrise terbaik

Translate

Punthuk Setumbu: Spot Sunrise Terbaik di Jawa Tengah

7 Foto Keindahan Sunrise di Punthuk Setumbu, Magelang, Jawa Tengah

Penulis: Mihardo Saputro

Kesan mistis Candi Borobudur amat kental terlihat saat saya mengambil gambar candi tersebut dari area Bukit Punthuk Setumbu. Punthuk Setumbu adalah spot terbaik bagi kita pecinta photography untuk mengabadikan sunrise dengan latar belakang Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Tidak hanya itu, satu lagi pemandangan yang tentunya tidak bisa kita lewatkan, yaitu megahnya Candi Borobudur yang menjulang tinggi seolah menyeruak dari dasar lembah yang dikelilingi kabut pagi hari.

Keindahan sunrise memang selalu menjadi daya tarik yang kuat bagi wisatawan, apalagi pecinta photography, jadi tidak heran ketika saya tiba di sini sudah banyak sekali wisatawan, baik lokal maupun mancanegara yang sudah antri menunggu terbitnya mentari pagi di sini, padahal saat itu waktu masih menunjukan pukul 04.00 pagi.

Setiap tempat memang memiliki keunikannya sendiri, begitu juga di sini. Bukit dengan ketinggian 400 dpl yang berdiri di Perbukitan Menoreh ini saya rekomendasikan sekali bagi kalian yang suka photography, selain tempatnya mudah dijangkau, kalian juga bisa menghirup segarnya udara pagi sambil menyaksikan indahnya panorama pagi hari di sini. Selain itu, tentunya kalian juga bisa membawa pulang hasil foto yang gemilang.

Sekedar saran, bagi anda yang ingin mendapatkan hasil foto sunrise yang maksimal, sebaiknya kita sudah berada di tempat ini sekitar pukul 04.00 agar kita bisa beristirahat sejenak setelah kurang-lebih 15 menit berjalan kaki dengan trekking yang lumayan tinggi. Selain itu, dengan prepare waktu tersebut kita juga bisa mencari angel yang baik agar  mendapatkan hasil foto yang baik juga.

Sekedar informasi, Punthuk Setumbu ini adalah dataran di ketinggian yang menurut saya tidak terlalu luas, dimana di setiap sisinya diberi pagar pembatas. Jadi ketika pengunjung ramai dan kita datang terlambat, maka akan sulit bagi kita untuk mendapatkan tempat guna mencari angel yang baik. Itulah mengapa saya menyarankan agar kita tiba lebih awal.

Saya tidak akan membahas panjang lebar mengenai keindahan sunrise di Punthuk Setumbu, karena memang keindahan itu sulit sekali saya gambarkan dengan kata-kata, saya tidak menemukan kata yang tepat untuk menggambarkannya. Sebaiknya anda langsung datang kemari dan saksikan sendiri keindahan mentari pagi di sini, saya yakin anda ingin selalu kembali ke sini, lagi dan lagi.

Berikut saya lampirkan foto-foto hasil hunting saya di Punthuk Setumbu:

1. Candi Borobudur tampak eksotis dan sedikit mistis saat lautan kabut pagi berangsur pergi seiring datangnya mentari



2. Candi Borobudur menyeruak dari pekatnya kabut pagi seolah ingin meyambut datangnya mentari



3. Candi Borobudur dalam remang cahaya sesaat sebelum mentari datang menyapa



4. Mentari mulai datang menyinari dari balik Gunung Merbabu dan Merapi



5. Kabut pagi tampak mulai meninggalkan Merbabu dan Merapi 



6. Dari balik pagar pembatas, keindahan Merbabu dan Merapi masih saja terlintas



7. Saat Mentari mulai meninggi, akupun siap beranjak pergi
 


Itulah beberapa foto keindahan sunrise dengan latar belakang Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan Candi Borobudur yang berhasil saya ambil dari Puncak Punthuk Setumbu. Sebenarnya bukan hanya itu, banyak juga booth-booth foto yang telah disediakan di sini sebagaimana layaknya tempat-tempat wisata lainnya, namun saya lebih memilih untuk mengabadikan tiga objek tersebut, Borobudur, Merbabu dan Merapi. Nah, tunggu apa lagi? saya tunggu hasil-hasil foto keren kalian di sini.


***

About Author Mihardo Saputro

This blog is a representation of my work in the fields of photography, videography and also musics.

No comments:

Post a Comment

Wikipedia

Search results

Start typing and press Enter to search