[Latest News][6]

Family Photography
Feature Perjalanan
Foto Keluarga
Foto Prewed
Landscape Photography
Night Photography
Pantai Tagaule
Photography Wedding
Potrait Photography
Spot Foto Bogor
Spot Foto Keluarga Terbaik
Spot Foto Prewed
Spot Foto Sukabumi
Spot Foto Terbaik Jayapura
Spot Sunrise terbaik

Translate

Spot Foto Keren di Jayapura Bagian 2


Puncak Jayapura City: Tempat Paling Keren Mendapatkan Landscape Jayapura


Penulis: Mihardo Saputro

Hari ini adalah hari ke dua gue ada di Kota Jayapura. Setelah kemarin gue ajak kalian untuk melihat-lihat indahnya Danau Love dan padang savananya, sekarang gue  mau ajak kalian melihat keindahan landscape kota Jayapura beserta panorama pulau-pulau kecil nan indah yang ada di sekelilingnya.


Kota Jayapura terletak di sebuah teluk yang bernama Yos Sudarso dimana nama ini adalah nama seorang pahlawan Trikora yang gugur ketika sedang menjalankan tugas di KRI Macan Tutul yang tenggelam di Laut Aru. Namun begitu, sebagian  masyarakat Jayapura juga masih ada yang sering menyebut teluk itu dengan sebutan teluk Humboldt, mungkin karena dulu tempat itu diberi nama oleh penjelajah asal Perancis, yaitu Jules Dumont D’Urville.

Kalian juga pasti tahu bahwa Jayapura ini adalah ibu kota dari provinsi Papua yang merupakan provinsi paling timur dari Indonesia. Kalo gue baca dari Wikipedia, kota Jayapura ini didirikan oleh  Kapten Infanteri F.J.P Sachse dari kerajaan Belanda pada tanggal 7 Maret  tahun 1910. Dari tahun 1910 – 1962 kota ini dikenal dengan sebutan Hollandia dan dijadikan sebagai ibu kota distrik. Selain itu, Jayapura juga sempat disebut dengan nama Kota Baru  dan Sukarnopura (1964) sebelum menyandang nama Jayapura.

Gue rasa cukuplah pemaparan tentang kota Jayapura di atas, sekarang gue mau langsung ke inti dari pembahasan kita, yaitu bagaimana kita bisa mendapatkan gambar atau foto yang keren ketika kita datang di kota ini.

Berdasarkan informasi yang gue rangkum dari berbagai sumber, tempat yang paling bagus untuk bisa dapet landsacepe kota Jayapura adalah puncak gunung Vanggasgo atau lebih dikenal dengan nama puncak Jayapura City. Tempatnya yang berada di ketinggian 78 meter di atas permukaan laut membuat tempat ini adalah tempat yang paling strategis untuk kita bisa  mendapatkan gambar Kota Jayapura secara menyeluruh.

Untuk mencapai lokasi ini, gue sarankan kita menggunakan mobil pribadi atau motor, karena tidak ada angkutan umum yang naik ke atas. Dari kota Jayapura tidak terlalu jauh kok, paling hanya 10-15 menit dan kita sudah bisa tiba di tempat ini. Tapi kalian juga harus hati-hati, selain jalan yang cukup sempit,  medan menuju tempat ini juga aga sedikit menanjak, berkelok dan curam, jadi supirnya juga harus yang sudah handal dan berpengalaman.

Setelah tiba di atas semua perjuangan kita akan terbayar lunas. Seluruh keindahan kota Jayapura bisa kita lihat dari sini. Dari mulai pelabuhan Jayapura, pulau-pulau kecil di seberang pelabuhan, kantor gubernur dan kantor DPRD, pusat perbelanjaan dan hampir semua sudut kota Jayapura bisa tersapu dengan mata kamera kita.

Selain keindahan panorama yang dijanjikan, tempat ini juga sangat ramah terhadap pengunjung yang datang. Jika hari libur, ada juga warung  yang buka dan menyajikan makanan serta minuman sehingga kita tidak perlu khawatir kelaparan ataupun kehausan saat berkunjung ke sini. Walaupun parkiran di sini tidak terlalu luas, tetapi banyak tempat duduk-duduk sekedar untuk bersantai sambil menikmati segarnya angin pantai dan indahnya pemandangan.

Jika kalian kemari bersama keluarga,terutama anak-anak, gue saranin agar kalian tetap waspada dan jangan sampai lengah mengawasi anak-anak, karena selain tempat ini curam, terakhir saya berkunjung kemari juga belum ada pagar pembatas di tepiannya. Jika kita lengah dan tidak waspada, jurang-jurang di setiap tepiannya siap mengancam keselamatan kita.

Berikut foto-foto hunting gue di Puncak Jayapura City:

1. Foto pulau kecil di depan pelabuhan Jayapura diambil dari puncak Jayapura City tampak begitu indah menggoda



2. Foto Landscape Kota Jayapura terlihat seolah mengisi seluruh lembah jika dilihat dari puncak Jayapura City



3. Foto Kesibukan di sekitar pelabuhan Jayapura dan Mall Jayapuara dilihat dari puncak Jayapura City


4. Foto pulau-pulau kecil yang ada di sekitar kota Jayapura 


5. Foto kesibukan kapal yang tertangkap kamera di sekitar teluk Jayapura


6. Foto indahnya panora teluk yang langsung berhadapan dengan samudra


7. Foto indahnya kota jayapura yang di kelilingi teluk di sekitarnya



Kira-kira itulah yang bisa gue gambarkan tentang Puncak Jayapura City. Walau mungkin gue ga bisa gambarkan secara menyeluruh, tapi gue berharap tulisan ini bisa menjadi bahan pertimbangan jika suatu saat nanti kalian berlibur ke Kota Jayapura, Papua. Setiap kota di Indonesia mempunyai keindahan-keindahannya sendiri, tinggal bagaimana kita menemukan tempat dan waktu yang tepat untuk mengabadikannya.


About Author Mihardo Saputro

This blog is a representation of my work in the fields of photography, videography and also musics.

No comments:

Post a Comment

Wikipedia

Search results

Start typing and press Enter to search