[Latest News][6]

Family Photography
Feature Perjalanan
Foto Keluarga
Foto Prewed
Landscape Photography
Pantai Tagaule
Photography Wedding
Potrait Photography
Spot Foto Keluarga Terbaik
Spot Foto Prewed
Spot Foto Terbaik Jayapura
Spot Sunrise terbaik

Translate

Spot Foto Keren di Jayapura Bagian 1

Danau Love: 'Surga' di Tengah Sabana Jayapura, Papua

Penulis: Mihardo Saputro

Bicara tentang indahnya alam Indonesia, tak lengkap rasanya kalo kita tidak berkunjung sampai ke ujungnya, yaitu Jayapura, Papua. Provinsi yang memiliki luas sekitar 421.981 km2 ini mempunyai potensi sumber  daya alam yang sangat ekonomis  dan strategis, tak heran jika banyak negara yang ingin menguasai pulau Papua. Selain merupakan provinsi terbesar di Indonesia, ternyata Papua juga adalah pulau terbesar ke dua di dunia setelah Greenland di Benua Amerika Utara, walaupun sebagian wilayahnya masuk dalam negara  Papua Nugini.

Gue ga akan bahas panjang lebar mengenai Papua, karena nanti kalian bisa baca sendiri di Wikipedia. Yang mau gue bahas kali ini adalah tentang spot-spot foto menarik yang ada di Jayapura dan sekitarnya, karena kebetulan sekarang gue ada di Jayapura. Setelah gue searching di Google, akhirnya gue ambil keputusan untuk mulai petualangan gue di Jayapura ini dengan mengeksplor keindahan Danau Imfote atau orang sering menyebutnya Danau Love.

Danau Love terletak di Kecamatan Ebungfau, Kabupaten Jayapura. Memiliki lokasi yang tersembunyi dan jauh dari keramaian membuat tempat ini agak sepi dari pengunjung, selain belum adanya transportasi umum, jarak yang jauh dari pusat kota juga mungkin menjadi kendala bagi sebagian orang. Tapi buat gue, itu semua tidak mengurangi keindahan Danau Love itu sendiri. Semakin sedikit orang yang datang, semakin bebas gue berpetualang.

Perjalanan gue dimulai dari Bandara Sentani. Pukul 13.00 WIT gue dan kawan-kawan mulai start dengan menggunakan Ford double cabin untuk mengantisipasi medan yang terjal. Sepanjang jalan, dari Sentani sampai Waena aspalnya sangat mulus. Keindahan Danau Sentani di sebelah kanan dan hamparan bukit-bukit di sebelah kiri menjadi teman yang mengiringi perjalan kami. Ini benar-benar pemandangan yang sayang sekali untuk dilewati.

Setelah kurang lebih dua jam Ford doble cabin kami merumput di jalan aspal, akhirnya kami tiba di jalan tanah yang berdebu, dan ini pertanda bahwa kami sudah sampai di lokasi. Sebelum kami masuk, tak lupa juga  kami membayar retribusi sebesar 50.000 rupiah untuk tarif sebuah mobil. Mengingat uang retribusi ini dipergunakan untuk memelihara dan menjaga keindahan tempat ini, maka kamipun tak segan-segan memberikannya. 

Setelah kami masuk lebih dalam, hamparan padang savana menghampar sepanjang mata memandang. Birunya langit siang tampak indah dihiasi gumpalan-gumpalan awan yang terbang berseliweran. Bahkan ketika kami tiba di gundukan tanah yang lebih tinggi, kamipun teriak serentak, "wowww," Danau Love tampak begitu indah, anggun, tenang menggenang di tengah savana gersang. Mungkin kalo di padang pasir ini adalah primadonanya. Ya, inilah oase versi gurun savananya Papua. Masih dari atas mobil, kami semua tertegun sejenak menyaksikan keindahan ini, kami baru sadar setelah sengat mentari menghujami kami di sana-sini dan bertubi-tubi. 

Tidak membuang waktu lama kamipun langsung berlomba mencari angle kami masing-masing. Ada yang langsung turun ke bawah, ke pinggir danau, ada yang naik ke atas mobil, ada juga yang sibuk berselfie ria sambil tertawa, pokoknya suka-suka mereka aja. Karna gue pake lensa normal 24-70, jadi gue harus agak menjauh sedikit biar bisa dapat full Danau Lovenya.

Setelah hampir dua jam kami foto sana-sini akhirnya kami memutuskan untuk kembali, karena mentari sudah mulai sembunyi. Sebenarnya gue pribadi ngarep banget bisa dapat sunset di sini, tapi apa daya, karena teman-teman takut kemaleman, akhirnya kamipun mengambil suara terbanyak, yaitu pulang.

Oh ya, sebelum pulang, ini gue lampirkan hasil foto-foto gue hari ini:


1. Panorama Danau Love pada  siang hari dimana refleksi birunya langit dan putihnya awan tampak jelas di permukaanya


2. Seorang fotographer tampak asik membidik Danau Love yang cantik


3. Mobil yang melintas di jalan masuk menuju Danau Love


4. Kondisi jalan tanah yang membelah sabana di Danau Love


5. Seluas mata memandang, padang sabana tampak terhampar di sekitar Danau Love


6. Berpose ala model di depan mobil yang membawa saya ke tempat ini 


7. Naik ke atas mobil agar bisa mendapatkan angle yang lebih luas dan lebar



Itulah beberapa foto keindahan Danau Love yang  berhasil gue ambil selama gue hunting hari ini. Oh ya, buat teman-teman yang mungkin juga lain waktu mau ke sini, gue sih sarankan untuk menyiapkan semua logistik dari luar, terutama air mineral, karena cuaca di sini panas sekali sehingga rawan dehidrasi. Kalian bisa mengatasinya dengan cara mempersiapkannya dengan belanja di Sentani, Waena atau mana saja, yang penting sebelum tiba di tempat ini, karena kalo sudah tiba di sini kalian tidak akan menemukan lagi warung penjual makanan ataupun minuman. 


***

Baca juga : Spot Foto Keren di Jayapura Bagian 2

Baca juga : Spot Foto Keren di Jayapura Bagian 3




About Author Mihardo Saputro

This blog is a representation of my work in the fields of photography, videography and also musics.

2 comments

  1. Ini memang keren, penyajian berita, foto, dan personalisasinya mantap, sehat dan sukses selalu Mas Ado...salam damai...

    ReplyDelete
  2. Terima kasih buat apresiasinya mas brohh...salam damai selalu

    ReplyDelete

Wikipedia

Search results

Start typing and press Enter to search